Kamis, 27 Oktober 2016

CONTOH RPP PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMAN 1 KUNINGAN
Kelas/Semester            :  XI IPA/1
Mata Pelajaran            :  Biologi
Materi Pokok              :  Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia 
Pertemuan Ke             :  1
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif, dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menerapkan pengetahuan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humanoira dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar
3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.         menjelaskan pengertian sistem pencernaan makanan pada manusia
2.         menyebutkan bagian- bagian sistem organ pencernaan
3.         menjelaskan proses pencernaan pada manusia
4.         menyebutkan gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia
5.         Mengaitkan hasil pengamatan dan eksperimen tentang struktur, fungsi sel penyusun jaringan pada sistem pencernaan dan kelainan pada sistem pencernaan
6.         Mengidentifikasikan  bagian mulut dan, cara kerja mulut mencerna makanannya.

D.  Tujuan Pembelajaran.
1.         Siswa mampu menjelaskan pengertian sistem pencernaan makanan pada manusia
2.         Siswa mampu menyebutkan bagian- bagian sistem organ pencernaan
3.         Siswa mampu menjelaskan proses pencernaan pada manusia
4.         Siswa mampu menyebutkan gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia
5.         Siswa mampu Mengaitkan hasil pengamatan dan eksperimen tentang struktur, fungsi sel penyusun jaringan pada sistem pencernaan dan kelainan pada sistem pencernaan
6.         Siswa mampu Mengidentifikasikan  bagian mulut dan, cara kerja mulut mencerna makanannya.

Karakter siswa yang di harapkan :
1.      Berfikir kreatif, Jujur
2.      Kritis dan logis
3.      Bekerjasama
4.      Bertanggung jawab
5.      Peduli lingkungan



E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran            : Scientific Appoach
Model                                          :
Metode                                        :

F.   Materi Pembelajaran
     Pencernaan makanan merupakan proses mengubah makanan dari ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan halus, serta memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan menggunakan enzim dan organ-organ pencernaan. Enzim ini dihasilkan oleh organ-organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh. Zat makanan yang dicerna akan diserap oleh tubuh dalam bentuk yang lebih sederhana..
Sistem pencernaan merupakan suatu proses yang melibatkan organ-organ pencernaan dan kelenjar pencernaan. Antara proses dan organ-organ sertakelenjarnya merupakan kesatuan dari sistem pencernaan. Proses pencernaan makanan pada manusia terjadi di luar sel, disebut dengan pencernaan extraseluler.  Kelenjar pencernaan adalah alat yang menghasilkan enzim (hati dan pancreas). Saluran pencernaan tersusun dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.









G. Langkah – Langkah
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi :
1.      Mengucapkan salam pembuka dan doa
Apersepsi :
·         Guru  memberi salam
·         Guru mengecek kehadiran siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa  “ apakah kalian tahu pada saat makanan masuk kedalam mulut apa yang  terjadi?
·         Motivasi :
Guru memberikan gambaran tentang manfaat organ- organ sistem pencernaan pada manusia beserta fungsinya.
Pemberian Acuan :
1.      Guru memberikan penjelasan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
2.      Guru menginformasikan dan menjelaskan demonstrasi yang akan digunakan dalam pembelajaran

10 menit
Kegiatan inti
Mengamati :
Peserta didik mengamati perbedaan orang yang belum makan dan orang yang sudah makan yang ada disekelilingnya.
Menanya :
Mengapa terjadi adanya perbedaan tersebut?

Eksperimen/Eksplorasi :
1.      Peserta didik melakukan percobaan hukum Mendel I dengan menggunakan kancing genetika.
2.      Peserta didik melakukan percobaan hukum Mendel II dengan menggunakan kancing genetika.

Mengasosiasi :
1.      Peserta didik mendiskusikan dan menganalisis hasil pengamatan dengan bantuan bimbingan dari guru.
2.      Peserta didik mengerjakan beberapa contoh soal monohibrid dan dihibrid

Mengkomunikasikan :
1.            Peserta didik meyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

10 menit








20 menit








30 menit





10 menit
Penutup
1.      Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya bila ada yang kurang jelas.
2.      Guru memberikan soal dan tugas / PR kepada siswa
3.      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan menutup pembelajaran

10    Menit

H.  Media Pembelajaran
I.     Sumber Belajar
J.    Evaluasi (terlampir)
1.      Kognitif:
·         Teknik evaluasi                : Tes
·         Bentuk instrument           : LKS dan Soal Tes

2.      Psikomotorik
·         Teknik evaluasi                : Observasi
·         Bentuk instrument           : lembar observasi

3.      Afektif
·         Teknik evaluasi                : Observasi
·         Bentuk instrument           : Lembar Observasi














Tidak ada komentar:

Posting Komentar