RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 KUNINGAN
Kelas/Semester :
XI IPA/1
Mata Pelajaran :
Biologi
Materi Pokok : Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia
Pertemuan Ke :
1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif, dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menerapkan pengetahuan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa
ingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humanoira
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.7 Menganalisis hubungan
antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan
mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses
pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan
manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
menjelaskan pengertian sistem pencernaan makanan pada
manusia
2.
menyebutkan bagian- bagian sistem organ pencernaan
3.
menjelaskan proses pencernaan pada manusia
4.
menyebutkan gangguan fungsi yang
mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia
5.
Mengaitkan hasil
pengamatan dan eksperimen tentang struktur, fungsi sel penyusun jaringan pada
sistem pencernaan dan kelainan pada sistem pencernaan
6.
Mengidentifikasikan
bagian mulut dan, cara kerja mulut mencerna makanannya.
D. Tujuan Pembelajaran.
1.
Siswa mampu menjelaskan
pengertian sistem pencernaan makanan pada manusia
2.
Siswa mampu menyebutkan bagian- bagian sistem organ
pencernaan
3.
Siswa mampu menjelaskan proses pencernaan pada manusia
4.
Siswa mampu menyebutkan gangguan fungsi yang
mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia
5.
Siswa mampu Mengaitkan
hasil pengamatan dan eksperimen tentang struktur, fungsi sel penyusun jaringan
pada sistem pencernaan dan kelainan pada sistem pencernaan
6.
Siswa mampu Mengidentifikasikan
bagian mulut dan, cara kerja mulut mencerna makanannya.
Karakter siswa yang di harapkan :
1.
Berfikir kreatif, Jujur
2.
Kritis dan logis
3.
Bekerjasama
4.
Bertanggung jawab
5.
Peduli lingkungan
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : Scientific Appoach
Model :
Metode :
F.
Materi Pembelajaran
Pencernaan
makanan merupakan proses mengubah makanan dari ukuran besar menjadi ukuran yang
lebih kecil dan halus, serta memecah molekul makanan yang kompleks menjadi
molekul yang sederhana dengan menggunakan enzim dan organ-organ pencernaan.
Enzim ini dihasilkan oleh organ-organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari
bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh. Zat makanan yang dicerna akan
diserap oleh tubuh dalam bentuk yang lebih sederhana..
Sistem
pencernaan merupakan suatu proses yang melibatkan organ-organ pencernaan dan
kelenjar pencernaan. Antara proses dan organ-organ sertakelenjarnya merupakan
kesatuan dari sistem pencernaan. Proses pencernaan makanan pada manusia terjadi
di luar sel, disebut dengan pencernaan extraseluler. Kelenjar pencernaan adalah alat yang
menghasilkan enzim (hati dan pancreas). Saluran pencernaan tersusun dari mulut,
kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.
G.
Langkah – Langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi :
1.
Mengucapkan salam pembuka dan doa
Apersepsi :
·
Guru memberi salam
·
Guru mengecek kehadiran
siswa
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa “ apakah
kalian tahu pada saat makanan masuk kedalam mulut apa yang terjadi?
·
Motivasi :
Guru
memberikan gambaran tentang manfaat organ- organ sistem pencernaan pada manusia beserta
fungsinya.
Pemberian Acuan :
1.
Guru
memberikan penjelasan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang harus
dicapai
2.
Guru
menginformasikan dan menjelaskan demonstrasi yang akan digunakan dalam pembelajaran
|
10
menit
|
Kegiatan
inti
|
Mengamati
:
Peserta didik
mengamati perbedaan orang yang belum makan dan orang yang sudah makan
yang ada disekelilingnya.
Menanya
:
Mengapa terjadi adanya perbedaan tersebut?
Eksperimen/Eksplorasi
:
1.
Peserta
didik melakukan percobaan hukum Mendel I
dengan menggunakan kancing genetika.
2.
Peserta
didik melakukan percobaan hukum Mendel II
dengan menggunakan kancing genetika.
Mengasosiasi
:
1.
Peserta
didik mendiskusikan dan menganalisis hasil pengamatan dengan bantuan bimbingan dari guru.
2.
Peserta didik mengerjakan beberapa contoh soal monohibrid dan dihibrid
Mengkomunikasikan :
1.
Peserta
didik meyimpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
|
10
menit
20
menit
30
menit
10
menit
|
Penutup
|
1. Guru memberikan kesempatan bagi
siswa untuk bertanya bila ada yang kurang jelas.
2. Guru memberikan soal dan tugas / PR kepada siswa
3. Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari
selanjutnya dan menutup pembelajaran
|
10
Menit
|
H.
Media Pembelajaran
I.
Sumber Belajar
J. Evaluasi (terlampir)
1.
Kognitif:
·
Teknik evaluasi
: Tes
·
Bentuk instrument : LKS dan Soal Tes
2.
Psikomotorik
·
Teknik
evaluasi : Observasi
·
Bentuk
instrument : lembar observasi
3.
Afektif
·
Teknik
evaluasi : Observasi
·
Bentuk
instrument : Lembar Observasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar